DO THE BEST, GOD TAKES THE REST (info filosofi)

Motto “Do the best, God take the rest” menjadi acuan dalam way of life saya, setelah saya pelajari bukunya Dale Carnegie yang berjudul “Positive thinking” dan pengalaman dalam berbagai penyelesaian masalah kehidupan saya, baik pribadi maupun kedinasan/karier…..

Setelah saya pelajari, dalami dan praktekan motto tersebut, saya berkesimpulan bahwa ajaran Dale Carnegie ini sangat universal dan efektive dalam mencapai sukses kehidupan terutama kebahagiaan hidup yang hakiki…..

Ajaran Dale Carnegie ini sejalan dengan ajaran agama Islam yaitu “Ikhlas dan Tawakal”……..Juga sejalan dengan makna dari “Surat Alfatihah”

Makna dari Do the best God takes the rest:

  • Dalam melakukan tugas kehidupan kita, baik kehidupan pribadi maupun pekerjaan, kita harus  jujur, disiplin, bertanggung jawab atas hak dan kewajiban kita sesuai norma agama, norma hukum, norma adat, norma kesopanan dan norma kesussilaan yang berlaku dilingkungan hidup dan pekerjaan kita…
  • Kita harus berusaha agar kehadiran kita dilingkungan hidup /pekerjaan tersebut sangat bermanfaat, memberikan nilai lebih…
  • Kita harus mampu visioner, bekerja sama  dan peduli kepada kepentingan orang lain. keluarga atau perusahaan, dalam arti positif, yaitu memberikan sumbangan fikiran/inspirasi/wawasan/waktu, kalau mungkin termasuk materi tanpa pamrih (ikhlas).
  • Kita harus lebih fokus kepada proses dalam pencapaian keberhasilan tugas, termasuk Planning, Orgaizing, actuating dan Controlling…
  • Keinginan untuk mendapatkan hadiah, bonus ataupun pujian karena telah bekerja dengan baik atau sukses, harus dihilangkan sama sekali, karena sesuai dengan hukum mekanisme bekerjanya kekuatan alam fikiran/alam bawah sadar, hal ini justru bisa mengakibatkan kegagalan yang fatal…
  • Kalau kita terobsesi harus sukses, maka alam bawah sadar kita akan merekam rasa ketakutan gagal yang ada dalam fikiran kita yang tersembunyi…fikiran takut gagal ini akan menjadi virus yang sangat ganas untuk menghancurkan hasil akhir pekerjaan kita….
  • Setiap kita sangat ingin sukses, secara tersembunyi, alam bawah sadar kita merekam rasa takut gagal…sedangkan kekuatan alam bawah sadar ini adalah 9 x lebih besar dari  alam sadar/intelektual…
  • Karena itu, setelah kita do the best sesuai berbagai norma kehidupan, segera berserah diri kepada kekuasaan Allah yang Maha Segalanya, penguasa Hukum Causalitas…….
  • Kalau kita sudah melakukan segala sesuatunya dengan sempurna, maka hasil akhir dari hukum sebab akibatnyapun akan baik pula…
  • Kalau hasil akhirnya belum sesuai dengan harapan kita, kita harus mawas diri, jangan menyalahkan siapapun, tapi betul betul harus introspeksi diri..
  • Kegagalan harus disikapi dengan sikap sabar, tabah, ulet (Tawakal), karena mungkin itu ujian/ cobaan/peringatan Tuhan kepada kita untuk dinaikan derajat keimanannya…Atau mungkin berupa hukuman karena kita masih belum memaanfaatkan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual secara serasi dan seimbang (sinerji)..
  • Perlu disadari bahwa semakin orang mendekatkan diri dijalan Tuhan, maka ujian dan cobaannya akan bertambah banyak (agar mereka tidak mengklaim dirinya sebagai orang yang paling disayang Allah/riya/sombong)…
  • Jangan terpengaruh oleh keberhasilan orang lain secara materi/duniawi saja…karena untuk keberhasilan duniawi, iblispun bisa memenuhinya….
  • Keberhasilan duniawi yang dibantu iblis dan sejenisnya akan berakhir pada penderitaan lahir bathin yang sangat berat, baik didunia dan akhirat….di Indonesia banyak contohnya…….jangan ditiru dan terpengaruh..
  • Keberhasilan yang kita kehendaki adalah keberhasilan/kebahagiaan/sukses dijalan Allah SWT, yang berujung ….ingin mati masuk surga…Amien…!!!

One thought on “DO THE BEST, GOD TAKES THE REST (info filosofi)

  1. Planning to actuating stratategi manajemen dengan analisa kekuatan dan kelemahan potensi diri manusia untuk bertindak dan bersikap dengan bertanggung jawab dalam aktifitasnya untuk menghasilkan yang besar, lakukan hal yang terkecil dengan cara ksatria :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s