TIPS MEMBANGUN MASA DEPAN YANG LEBIH BAIK

Selama sekitar satu tahun saya menulis blog dan mendapat komentar dan curhat serta permintaan tolong para pembaca, saya melihat mereka yang mengeluh tentang kondisi kehidupannya,  ternyata karena kurang pengetahuan mereka tentang “ilmu” dalam menjalankan misi dari Allah SWT kepada manusia yaitu: “Menjadi wakil Allah dimuka bumi, untuk memelihara kelestarian kehidupan alam semesta, denga cara taat kepada seluruh ketentuan dan petunjuk Allah…..”

Mereka yang mengeluh dan penuh musibah dalam kehidupannya, umumnya tidak tahu siapa jati dirinya, apa fitrahnya….sehingga mereka banyak yang secara sadar maupun tidak sadar, berpaling menyembah sesuatu yang bukan Allah SWT untuk mencapai kebahagiaannya…kebanyakan mereka lebih mencintai Harta, kekuasaan/jabatan dan nafsu sex daripada mencintai Sang Pencipta Allah SWT….

Mereka umumnya terbelenggu oleh persepsinya sendiri yang dipengaruhi oleh nafsu duniawinya…

Mereka kurang menyadari dan mensykuri fitrahnya yang diturunkan kebumi untuk mewakili Allah SWT harus selalu dipelihara kesuciannya, dipelihara keserasian dan keseimbangannya antara kepentingan pribadi dengan kepentingan Allah SWT, rahmatan lil alamin…

Banyak mereka yang melakukan short cut, jalan pintas untuk mendapatkan kepuasan duniawi…akhirnya mengalami kecelakaan dan menderita lahir batin…

Kita memang dianjurkan oleh agama untuk bekerja keras memenuhi kepentingan duniawi kita, tapi jangan lupa bahwa kekayaan yang kita dapatkan harus dalam rangka membantu kepentingan orang banyak….bukan ditumpuk untuk memenuhi nafsu duniawi.

Demikian juga dengan usaha mencapai pangkat dan jabatan setinggi mungkin, harus selalu dimanfaatkan untuk mengayomi orang banyak….

Nafsu seks yang dikaruniakan Allah kepada kita harus dimanfaatkan untuk melanjutkan keturunan umat manusia yang sehat dan berkwalitas, bukan untuk dipuaskan tanpa aturan…

Selanjutnya, kurang mau belajar secara serius rahasia ilmu kehidupan manusia secara sungguh sungguh….malas memeras otak….lebih senang melakukan hal hal yang enteng, menghibur, menyenangkan dirinya, termasuk lelucon tanpa makna…

Tulisan saya yang membahas The Secret, walau cukup diminati, tapi hanya sebentar dan pertanyaannya kurang mengarah kepada keinginan mempelajari dan mengamalkannya secara sungguh sungguh….hal ini kelihatan banyak sekali pertanyaan tentang bagaimana solusi kesulitan hidupnya…..diulang ulang, padahal semua sudah diuraikan dengan jelas pada artikel tersebut….tidak mau memeras otak mempelajari makna tulisan tersebut….

Pembaca blog yang saya cintai, setiap bidang kehidupan manusia pasti ada ilmunya…karena itu kita harus giat belajar ilmu kehidupan manusia setiap saat…apalagi ilmu kehidupan manusia masih terbagi antara ilmu teori dan ilmu terapan/praktek…jangan menyangka kalau sudah tahu teorinya lalu pasti bisa mempraktekannya secara baik dan benar….bayangkan kalau mereka tidak mau atau malas belajar ilmu teorinya???….pasti lebih keliru dan gagal….

Dalam pengalaman hidup saya, semakin tua, saya semakin merasakan kebodohan saya dimasa lalu…karena semakin kita tua dan mau belajar, maka kita bagaikan katak yang keluar dari tempurung…baru tahu banyak hal yang belum kita ketahui…makin tahu akan kebodohan kita…apalagi dibandingkan denga ilmu Tuhan….

Contohnya, mengenai pengetahuan manusia tentang planet bumi dan alam semesta….banyak orang yang di zaman dulu mau berpikir keras dan mendapat hidayah dari Allah tentang ilmu pengetahuan mengenai ilmu kesehatan (Socrates),asal muasal jagat raya, tentang bentuk bumi, tentang berputar dan beredarnya bumi dan matahari (Copernicus, Galilea), kemudian pada saat mempublikasikan penemuannya, bahkan mereka dihukum mati oleh pemuka agama yang berkuasa waktu itu, dianggap sebagai orang yang melawan ketentuan agama…Sekarang, dengan ditemukannya teropong Hubble yang mengorbit diruang angkasa dan melaporkan keadaan jagat raya yang sebenarnya….baru disadari bahwa mereka yang dihukum mati itulah yang benar….

Jadi kesimpulannya, untuk membangun masa depan yang lebih baik, mutlak kita harus belajar dengan giat, tekun dan serius semua ilmu kehidupan manusia: Ideologi, Politik, Sosial Ekonomi, Sosial Budaya, Agama, Pertahanan dan Keamanan, Sumber daya manusia, Sumber daya alam, Psikologi, filosofi, fisik, metafisik ..dll….apalagi mereka yang mempunyai cita cita ingin ikut serta membangun kehidupan bangsa Indonesia yang lebih baik dimasa depan….

Lepaskan persepsi tentang berbagai masalah kehidupan kita dari belenggu dogma agama, adat istiadat, pelajaran sekolah masa lalu, kepentingan pribadi, buruk sangka, bacaan literatur kita,    dll…harus selalu di update sesuai kemajuan perkembangan ilmu modern didunia…harus selalu obyektif dan open mind….

Posted in Tak Berkategori

5 thoughts on “TIPS MEMBANGUN MASA DEPAN YANG LEBIH BAIK

  1. assalamualaikum ww wb .
    setelah saya membaca jawaban email dari bapak
    saya seperti di bangun kan dari mimpi buruk yang berkepanjangan , saya terlalu fokus pada penderitaan yang saya alami , kadang saya sadar bahwa ini adalah ujian dari ALLAH , di lain waktu saya berpikiran pasrah dengan apa yang terjadi , tanpa mau berusaha merubah masa depan saya menjadi lebih baik , seperti yang bapa katakan jangan ” mendikte tuhan ” kalimat itu memukul telak pada diri saya , ya selama ini saya terlalu menyerah kan semua masalah pada tuhan tanpa berbuat apa2 , selama ini juga saya sudah kehilangan diri saya yang sesungguh nya , koq saya semakin bodoh , koq saya tidak mau belajar lebih baik lagi tentang hak dan kewajiban saya , fitrah saya sebagai manusia , sebagai wanita , sebagai ibu dan sebagai istri , who….i,am…..? betul2 saya sudah membuang buang waktu with nothing , insyaallah saya belum terlambat ya pak untuk membangun masa depan saya menjadi lebih baik , bantu kami dengan doa pak……!
    terima kasih saya , semoga blog bapa menjadi sekolahan , inspirasi , cambuk buat saya .
    better late than nothing…….!
    wassallam….!

    1. chinta, asswrwb…

      Alhamdulillah, Allah SWT telah memberi anda hidayah dan membukakan mata hati anda, untuk lebih mencintai Allah lebih daripada mencintai hal yang duniawi..Doa restu saya selalu bersama niat baik anda….amien..

  2. yup i.
    kita akan memetik apa yang kita tanam.
    bahkan menurut buku the secret, pikirkan apa yang kita inginkan. Semesta akan menariknya ke diri kita.

    tapi persiapan untuk menghadapi masadepan, kata bapak tadi mengusasi segala bidang ilmu. Tapi menurut aku tidak semua bidang ilmu harus kita cikarawi. Tapi spesifik padasatu bidang aja. Karena untuk saat ini orang tidak lagi butuh dokter umum. Tetapi udah spesialis. Begitu juga dengan profesi lain. Ahli pada bidang masing2.

  3. pagi! salam 165 assallammualaikum..
    setelah membaca hal ini saya jadi malu sama pak nurhana karena mengeluhkan berbagai hal…tanpa mau mencoba mempraktekkan apa yg bapak sarankan dari blog bapak,seperti di buku the secret pikiran negatif akan membuat semua menjadi negatif datang ke kehidupan kita…makasih ya pak saya akan sering2 membaca blog bapak agar mendpt banyak ilmu dan kalau sudah ada hasilnya saya akan sharing ke bapak,oya saya pikir kenapa pak nurhana tidak membuat buku saja pak.. kan banyak orang yg dari blog kemudian apa yg ia ceritakan di bukukan,sehingga tidak hanya orang yg suka browsing internet yg mendpt ilmu tapi semua kalangan di indonesia,wassallam

  4. membangun dan mengembangkan imajinasi dengan melihat dan merespon dari hal-hal terkecil dan dari kita sendiri harus siap untuk cepat tanggap dan memulai sejak dini pangembangan hard skill& soft skill sangat dibutuhkan karena ada pangaruh yang sangat tinggi pada diri individu apakah mau berkembang atau akan diam di tempat saja.

Tinggalkan Balasan

