TIPS MENGHAPAL PELAJARAN YANG EFEKTIVE DAN EFISIEN

Setelah banyak menulis tentang kategori spiritual dan militer, saya ingin sharing dengan para pelajar atau mahasiswa yang mendapat kesulitan dalam mencapai hasil yang memuaskan/optimal dalam mengerjakan pekerjaan soal soal ujian, terutama yang bersifat hapalan….

Untuk diketahui, manusia memiliki otak yang fungsinya terbagi tiga…Otak kiri yang berfungsi untuk menangani materi yang bersifat matematis, logis…..otak kanan yang menangani materi yang bersifat intuitive, spiritual, emosional…dan otak belakang yang menangani  masalah memory….

Kalau kita menghapal sebuah  mata pelajaran, termasuk rumus matematika, ilmu ukur sudut, logarithma, bahasa, sejarah dll, apa yang kita baca dan hapal, semuanya direkam oleh otak kiri dan disimpan didalam otak belakang yang berfungsi sebagai gudang memory atau semacam hard disknya computer….

Pada saat kita mengerjakan dan menjawab soal ujian, kita akan memerintahkan otak kiri kita untuk membuka kembali rekaman pelajaran yang sudah disimpan di memory otak belakang…..

Disinilah letak kendalanya, menurut hasil penelitian pakar kemampuan otak manusia di Amerika Serikat, ternyata kemampuan otak kiri manusia normal dengan metoda standard, untuk membuka kembali semua yang direkam dan disimpan di otak belakang, maksimal hanya 20% saja….

Akibatnya, pada saat kita harus menjawab soal ujian, maksimal hanya 20% yang bisa dijawab sempurna, yang lainnya hanya kira kira saja/gambling…

Sekarang masalahnya adalah bagaimana caranya agar kemampuan otak kiri membuka kembali hasil rekaman yang tersimpan diotak belakang bisa meningkat sampai optimal, mendekati 100%….

Jawabnya adalah… kita harus memeras otak kiri kita agar bekerja sampai batas maksimal…,sangat lelah, agar otak kanan kita secara tomatis akan segera membantu tanpa kita perintahkan (memang juga kita tidak bisa perintahkan otak kanan bekerja, dia akan bekerja secara intuitive, bila keadaan sudah emergensi, darurat….)….

Mengapa harus dibantu otak kann?…Otak kanan mempunyai kemampuan mengakses semua hasil rekaman yang berada didalam otak belakang….Otak kananlah yang berfungsi dalam kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual…Otak kanan memiliki kemampuan radar dan pemancar yang frequensinya bisa berhubunan dengan frekuensi otak belakang dan alam semesta…Otak kananlah yang bisa mengakses kekuatan alam bawah sadar yang tersembunyi didalam otak belakang kita…

Sekarang bagaimana cara melatih otak kiri kita supaya bekerja keras dan sangat lelah mendekati titik optimal sehingga terpaksa otak kanan yang intuitive turun tangan menolong otak kanan?….

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Baca dan hapalkan seluruh materi pelajaran yang akan diujikan berulang ulang sampai merasa sudah hafal betul….
  • Kemudian kalau merasa sudah hafal betul, tutup bukunya dan lakukan relaksasi dengan cara berbaring santai, tutup mata sambil mengatur nafas yang santai sekitar 30 menit saja….
  • Setelah tubuh dan otak sudah terasa dingin dan santai, ambil kertas dan fulpen….lalu kita tuliskan kembali semua yang kita hafalkan tadi diatas kertas, dengan menggunakan singkatan singkatan semacam jembatan keledai (contoh singkatan/jembatan keledai untuk Siapa apa, bilamana, dimana, bagaimana dan mengapa….jembatan keledainya adalah: Siabidibame…)…
  • Saya yakin, pertama kali melakukkan uji coba, maka anda hanya aka mampu menuliskan kembali apa yan anda hafal, sebanyak 20% secara baik…yang lainnya lupa lupa ingat/ragu ragu…
  • Lakukan terus berulang ulang uji coba ini untuk satu materi pelajaran yang diujikan, jangan pindah ke pelajaran lain dulu….
  • Setelah anda mampu mencapai hasil menulis kembali apa yang dibaca, dikeluarkan dari otak belakang anda/memory sebanyak 100% dan itu dilakukan sebanya 10 kali berturut turut dan hasilnya sama baiknya, ambilah kertas yang berisi tulisan singkatan mata pelajaran tersebut dan tempel didinding tempat anda belajar…
  • Setiap hari,minimal satu kali anda harus review hasil catatan yang ditempel tersebut dengan membuat copy catatan yang anda keluarkan dari otak, bukan diaca dari kertas berisi singkatan itu !!!
  • Demikianlah lakukan terus dengan seluruh mata pelajaran yang akan diujikan…

 

Dengan cara belajar menghapal seperti ini saya telah berhasil antara lain:

·         Mendapatkan hasil prestasi terbaik ujian SMA Negri untuk profinsi Jawa Barat pada tahun 1961…

·         Prestasi terbaik (no 1, mendapatkan Bintang Kartika Cendekia)untuk jurusan tempur AMN lulusan 1965…

·         Ujian masuk pendidikan Seskoad 1978 hanya sekali langsung lulus  (umumnya beberapa kali baru lulus masuk)….

·         dll..

Mudah mudahan metoda saya ini bisa dimanfaatkan oleh mereka yang ingin berprestasi dalam ujian yang bersifat menghapal…maaf kalau ada yang kurang bisa menerima metoda saya ini…hanya sekedar sharing….

 


179 respons untuk ‘TIPS MENGHAPAL PELAJARAN YANG EFEKTIVE DAN EFISIEN

  1. shary dan utik…Asswrwb…

    Trims untuk kunjungan dan komentarnya…

    Kalau mau coba, saya jamin pasti hasilnya memuaskan…

    Metoda ini saya sudah lakukan seumur hidup saya dan hasilnya saya tidak pernah tidak lulus dalam test apapun..

    Contoh ekstrim adalah waktu saya test bahasa Inggris untuk tugas seminar Polisi Militer di Hawaii Amerika Serikat pada tahun 1988…padahal saya tidak pernah kursus spesial bahasa Inggris di Lembaga Bahasa Inggris milik ABRI waktu itu…

    Dengan menggunakan metoda ini saya genjot persiapan ujian hanya dalam satu minggu,,,hasil test bahasa Inggris saya di kedutaan AS ternyata lulus….

    Kalau untuk test akmil, hapalannya hampir tidak ada, yang diperlukan adalah kesiapan mental dan fisik secara total…jangan ragu atau bimbang….jangan dengarkan berita miring harus nyuap dll…ikuti petunjuk saya dalam blog ini…lalu berserah diri kepada Tuhan secara total pula…biarkan Allah yang memproses lebih lanjut…

    kejadian didunia ini, sekecil apapun, ibaratnya jatuhnya selembar daunpun, pasti atas izin Allah…mengikuti sunatullah..terikat oleh hukum alam, hukum sebab akibat…

    1. Assalamualaikum pak tirta, bagaimana metode ini kita pakai untuk menghafal materi pelajaran bhasa arab, atau kita menghafal kosa kata arab ?
      apakah bisa kita gunakan dalam metode bahasa arab,,

      mohon di balas pak :)

  2. Mas makasi atas tips nya.aku juga salah satu orang yang susah menghafal.Dan dari dulu ak belajar satu pelajaran pun ndak ak kuasai.Semoga dengan tipsnya ini ak bisa menguasai apa yang aku ingin pelajari.Thanks

  3. Mas saya mau nanya mengenai singkatan/jembatan keledai itu.Maksudnya itu gimana?
    apakah seluruh kalimat ditulis nyambung semua atau beberapa kata yang dijadikan singkatan?

  4. alfonso ricky…

    Sebelum praktek metoda saya, persiapkan fisik dan mentalnya dulu dengan baik…

    Agar berpantang makanan pedas, daging kambing, duren, ketan, bumbu yang pedas pedas..agar emosinya stabil…

    Agar perbanyak makanan buah buahan dan sayuran segar, perbanyak susu kedelai, tahu tempe dibacem..

    Minum vitamin/supelmen penguat otak seperti Gico Biloba dari Nutrilite Amway…Juga vitamin Salmon Omega 3, Daily dan Bio C dari Nutrilite…

    Tanpa persiapan fisik dan mental yang baik ,anda tidak akan sanggup melakukan metoda saya…pasti pusing dan malahan sakit pusing…otaknya akan panas…

    Jembatan keledai contohnya sebagai berikut:
    Setiap materi yang dihapal, anda cari kata atau tanda yang paling mudah diingat agar anda bisa mengingat kembali semua materi pelajaran tersebut…Contoh untuk mengingat isi Pancasila kita buat jembatan keledai berupa singkatan tiap silanya: Ket…Kem..Per..Ker…Ke…lebih singkat lagi, dibuat jembatan keledai Pancasila adalah: K…K…P…K…K…

    Jadi untuk sila Pancasila anda hapalkan rumus/kata kuncinya yaitu: KKPKK..

    Kata kunci pengingat ini disebut jembatan keledai, artinya yang menjembatani agar keledai yang terkenal bodoh saja bisa ingat, apalagi manusia!!!…

    Contoh di Militer seperti ini: untuk membuat surat perintah operasi jembatan keledainya adalah KETUPAK

    Dengan ingat kata kunci ketupak, maka saya bisa buat tulisan sepanjang beberapa halaman dari kata kunci itu…karena ketupak adalah singkatan dari Keadaan, Tugas Pokok, Pelaksanaan, Administrasi dan Logistik, Komando dan Perhubungan..

    Untuk khusus kata kunci Keadaan, ada jembatan keledainya yaitu: CUMEMUPAS, singkatan dari Cuaca, Medan, Musuh, Pasukan sendiri..

    Untuk Tugas Pokok, jembatan keledainya SIABIDIM, singkatan dari Siapa berbuat Apa, Bilamana, Dimana, Bagaimana dan Mengapa..

    Terus begitu….sehingga walau pelajaran ini di AMN saya terima sudah 40 tahun yang lalu, saya masih lancar membuat tulisan militer seperti artikel Strategi mewujudkan Indonesia Emas 2020…itu implementasi pelajaran di AMN 40 tahun yang lalu…masih ingat terus….itulah manfaat jembatan keledai…

    Tapi pada saat mengingat pertama kali itulah yang berat”’tapai begitu hapal, seumur hidup tak akan lupa…apalgi pada saat ujian..akanmengalir dengan cepat…percaya sama saya…sudah diuji coba !!!

  5. Assalamualaikum Wr Wb, Mohon ijin Pak Tirta, salam kenal saya seorang Pamen di pelosok pedalaman sulawesi , InsyaAllah tahun ini saya mendapat kesempatan pertama mengikuti ujian seskoad. mohon ijin dijelaskan trik-trik untuk dapat lolos ujian masuk seskoad pada kesempatan pertama seperti yang bapak lalui.
    Saya di pedalaman sulawesi yang jauh dari fasilitas dan agak kuper karena kerjaan saya sebagai kepala gudang munisi mengharuskan saya selalu stand by di tempat. sayapun bisa internetan pake GPRS nya IM3 maklum disini tidak ada warnet. Lebih dan kurangnya saya ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya.

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

  6. papae tegar, asswrwwb…

    mendengar cerita anda, saya jadi teringat pengalaman saya sendiri mau ujian seskoad pada tahun 1977 di kota Lhokseumawe Aceh Utara…Lokasinya juga waktu itu masih sangat terpencil dan terbelakang (pabrik LNG PT Arun masih sedang akan dibangun)..

    Sebenarnya trik menghapal sudah saya tuliskan secara detail dalam artikel terdahulu..

    Saya tuliskan trik khusus berdasarkan pengalaman pribadi saya saja agar lebih mudah diikuti:

    Saya hanya punya waktu persiapan satu bulan saja karena disibukan melakukan operasi penumpasan gerombolan Hasan Tiro di Aceh Utara
    yang dideklarasikan tahun 1976…

    Dalam waktu satu bulan itulah saya ikut penataran persiapan ujian seskoad dan mengumpulkan semua materi ujian dengan naik
    skuter sejauh 600 KM/pp ke Banda Aceh…

    Waktu saya ikut penataran dan mengumpulkan materi ujian seskoad yang sangat banyak, saya ditertawakan oleh teman teman yang sudah melakukan persiapan 6 bulan sebelumnya….”Mau ujian seskoad baru cari materi gini hari..?”…tapi saya gak sakit hati, karena saya yakin bisa mengejar ketertinggalan saya dengan metoda cara belajar yang saya miliki selama ini…(tolong baca yang teliti caranya diblog ini, terlalu panjang utuk diulang lagi)..

    Pulang dari penataran di Banda Aceh, saya izin cuti satu bulan kepada Danrem utk fokus menghadapi ujian seskoad..

    Selama satu bulan penuh saya mengunci diri dalam kamar menghapal semua materi dengan metoda saya…. banyak menggunakan latihan menghapal lewat tulisan/jembatan keledai …….(saya keluar kamar hanya untuk hal yang sangat vital saja…)
    Untuk membuat Karya Ilmiah, saya pilih materi yang spesifik dan unik, yaitu membahas Pengaruh Kepribadian Terhadap Kwalitas Kepemimpinan Militer…..Saya membahas proses terciptanya sebuah kepribadian manusia versi Sigmund Freud, tentang fungsi Id, Ego dan Super Ego dalam proses terbentuknya sebuah kepribadian manusia..

    Pilihan ini sangat berhasil, karena para penguji kebanyakan awam tentang ilmu psikologinya Sigmund Freud..nilainya sangat bagus…

    Jadi untuk Karya Ilmiah, cari materi pembahasan yang unik dan spesifik yang diperkirakan akan mengagetkan para penguji di Seskoad nanti…jangan yang sudah banyak ditulis orang…

    Materi yang perlu disiapkan secara khusus juga adalah kemampuan membuat Oleat Taktik Rencana Serangan/Pertahanan…Ini harus betul betul dilatih berulang ulang, bukan hanya dihapal diotak, tapi betul betul dari otak dituangkan dalam wujud tulisan yang dibuat sendiri..

    Disamping semua ini, jangan lupa agar terus menerus melatih kecepatan tangan dalam menulis apapun, termasuk menulis makalah/karya tulis..Harus hapal sekali, jangan mals mengulang menulis karya tulis dalam batas waktu terbatas secara lengkap, minimal 6 kali, dengan batas waktu yang ditentukan…

    Dalam ujian seskoad, sebenarnya hampir semua soal relatif mudah asal kita mau melakukan persiapan dengan baik dan benar, tapi yang menjadi masalah adalah biasanya terkendala oleh waktu yang relatif tidak cukup…membuat kita panik dan semua yang ada dalam otak sulit dituliskan keatas kertas, akibat terkena stress berat…

    Karena itu sekali lagi saya tekankan, latihlah menuliskan kembali secar berulang ulang semua yang telah kita hapal dan latih, agar pada saat terkena tekanan stress saat ujian, kita sudah biasa…

    Selanjutnya, ingat, ujian seskoad biasanya peluang lulus hanya bsekitar 30 %, jadi kita harus menyingkirkan sekitar 70% rival kita, berarti kita harus blebih siap, lebih unggul dari peserta yang lain…jangan hanya asal ikut saja…

    Last but not least, sama sekali jangan terpengaruh oleh isu negatif harus suap kiri suap kanan…jauhi berita negatif itu dan jangan terpengaruh….Ridha Allah justru akan lebih kuat daripada melakukan suap agar lulus….(salah salah justru ditangkap KPK….)

    O ya hampir lupa, hasil test masuk ujian seskoad tahun pelajaran 1978-1979, ternyata saya ranking 25 dari 100 peserta yang dinyatakan lulus…(seluruh pengikut ujian waktu itu 500 orang)…
    Sekian dulu, semoga bermanfaat…selamat ujian…

    Tambahan:
    Untuk psycho test, gak usah takut, jadilah diri anda sendiri….latih aja kecepatan menulis dan menggambar manusia, pohon, rumah, pemandangan yang harmonis dan serasi…Pelajari karakter seorang pemimpin yang baik dan karakter staf yang baik, kuasai sepenuhnya, pertanyaanya seputar itu saja, tapi waktunya sangat terbatas/cepat…

  7. Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Terima kasih atas bimbingan dan petunjuknya pak. sekarang saya sedang mengikuti penataran seleksi seskoad selama sebulan di Makassar. InsyaAllah tanggal 9 s/d 15 juni kami melaksanakan ujian seleksi tertulis disini. memang betul kata bapak untuk lolos seskoad cukup berat , tahun kemarin dari 58 peserta seleksi dari Kodam VII/Wrb hanya satu orang yang lolos. Mohon doa restunya pak, agar saya dapat lolos pada kesempatan pertama ini. Terima kasih pak saya ijin melanjutkan belajar pake metoda bapak.
    Wassalam

  8. assalamu’aikum om,,,

    waduuu,, om jgn bosen aja klo saya sering ksi comment ke blog om,,

    abis,,, gag bsa diem sii tgn saya om,,,

    hmm,,,
    bgini,,,

    saya jga punya mslh dgn ujian skolah,,
    padhl jauh sblmnya saya udah belajar keras om,,

    saya tak tw jga apa sebabnya,,
    setiap ujian selalu aja lupa bbrp materi penting yg saya uda saya pelajari,,,

    nah,, stlh bca artikel om ini,, saya jdi ingat metoda belajar saya yg dulu,,
    yg begitu memaras otak kiri,,

    tpi om,,, dgn begitu saya jdi mudah pusing
    mudah ngantuk
    dan muda stress,,
    emosi jdi tidak stabil

    jdi gmna itu om???

    trus om,,,

    waktu saya mengikuti ujian tes msk telkom,,
    sblmnya saya tdk belajar apa2 untuk mepersiapkan yes ini om,,

    saya tanpa persiapan apa2 waktu itu,,,
    krn wktu saya mendaftar itu sgt dadakan om
    mulai dri membeli formulirnya sampai verifikasi pendaftarnnya

    wktu tes saya cama berharap begini sama Allah,,

    “ya Allah beri lah hamba kemudahan untuk mengerjakan tes ini,, bukalah ingatan hamba ttg apa yg suah hamba pelajari selama ini,, sehingga hamba bsa mengerjakan tesnya dgn baik”

    wktu itu cma modal do’a sama usaha mengerjakan soal nya aja om,,

    tpi subhanallah,,,

    dgn begitu Allah sda menunjukkan kekuasaannya
    Allah menunjukkanbahwa dia mmng sang Ar Rasyiid ,,,
    aq di mudahkan menjawab soal2 nya om,,
    seakan-akan ada yg memberitahu rumusnya lewat pikiran saya om

    do’a saya di kabulkan oleh Allah,,,

    alhamdulillah
    and finally

    saya lulu di politekhnik nya om,,
    walopun msk ke pilihan ke 3

    tpi saya sgt bersyukur om
    bersyukur krn wktu saya mengerjakan soalnya,,Allah membukakan jlan yg sgt lebar untuk saya,,

    alhamdulillah,,,

    nah yg mau saya tanyakan om,,
    dgn begitu kan otak kanan yg berpengaruh pada saat saya mengerjakan tes telkom kmrn

    tpi,, sblmnya saya tak memeras otak kiri saya om???jdi bagaimana om???

    maaf om,,, klo kebanyakan nanya,,,

    makasih om atas jawabannya

    salam 165

  9. suci, asswrwb…

    Kamu kan sudah mempelajari The Scret, Rahasia Kehidupan, dimana kalau kamu tidak takut menghadapi ujian, kamu merasa nyaman, kamu tawakal, maka frekuensi pikiran kamu adalah positif…frekuensi positif kamu terpancar kefrequensi alam semesta..kemudian alam semesta mengirim jawaban yang diperlukan oleh pikiran kamu….Kuncinya adalah pada saat itu kamu pasrah …alam bawah sadar yang mengatur frekuensi pikiran kamu..hasilnya positif….

    Walau kamu sudah peras otak kiri tapi kami tetap tidak merasa siap lalu ketakutan, tidak pasrah…yang terjadi alam bawah sadar kamu menangkap rasa dan pikiran takut tersebut dan bereaksi mengirim frekuensi negatif kealam semesta…

    Mungkin didalam buku tulisan saya di artikel diatas dan juga buku The Secret kurang dijelaskan bahwa yang paling memiliki kekuatan magnet dan daya pancar signyal kealam semesta sebenarnya adalah pikiran yang tersembunyi dibawah alam sadar…makanya walau alam sadar kita belajar atau bekerja keras ingin lulus/sukses, tapi kalau alam bawah sadarnya tetap takut, maka hasilnya negatif juga….

    Saya mengetahui hal ini justru dari buku koleksinya Bung Karno yang berjudul The Magic Power Of Our Mind (Kehebatan Alal Fikiran/Bawah Sadar)…..yang membedakan ada dua pikiran, yaitu pikiran alam sadar (nalar) dan pikiran alam bawah sadar (intuisi)…buku The Secret kelupaan tidak menjelaskan hal ini…makanya saya but tulisan di blog ini tentang cara mempelajari buku the Secret…

    Trims atas pertanyaannya, sehingga saya menyadari bahwa tulisan saya tentang belajar yang efektif masih kurang jelas, kurang dikaitkan dengan Hukum Tarik Menariknya The Secret…Saya koreksi dengan penjelasan saya ini…

    Ok?…kalau belum jelas…tanya lagi…gratis kok..

  10. Assalamu alaikum Pak Tirta..
    Saya ikut mampir di blog Bapak, alhamdulilah banyak hal bisa saya ambil dari artikel2 bapak..Saya setuju dengan metode menghapal dan persiapan menghadapi tes2/ujian ini, saya kadang juga memakai cara ini namun terkadang saya hanya mengandalkan daya ingat saya saja. Dan alhamdulilah hasilnya bagus terus, semua karena karunia Alloh kepada saya…
    Wassalam

  11. sundoro agung, asswrwb…

    trims untuk kunjungan dan komentarnya…

    Sering mampir dan komentari adik adik yang kepengen jadi TNI, agar mereka semangat…..
    Sundoro di Kopasus atau Marinir? fotonya kurang jelas…?

    Wassalam wrwb…

  12. sundoroagung…

    Thanks…saya sudah mampir keblog anda…

    Silahkan banyak koment di blog saya…kalau bisa sharing pengalaman dalam berjuang menggapai cita cita….berbagai kesulitan yang dihadapi dan solusinya…untuk inspirasi adik adik yang banyak berkunjung ke blog saya…

    Lucunya mayoritas pengunjung setia blog saya ini remaja yang sedang ingin mencari jati diri….

    Yang seumur saya hanya sedikit saja….mungkin remaja masa kini lebih mahir teknologi…gak seperti jaman saya…gaptek…Saya bisa main komputer baru berumur 52 tahun berpangkat kolonel…itupun karena sudah bukan jadi komandan pasukan lagi, tapi sudah jadi staf khusus Panglima ABRI di Mabes ABRI, kerjaannya nulis konsep surat dinas buat para jendral di Mabes ABRI…

    Tapi karena pernah di Mabes ABRI itulah saya jadi bisa bikin Blog seperti sekarang….Syukur Alhamdulillah…!!!

  13. Thx ya om..

    Saya akan coba..

    kadang saya memang kurang dalam belajar..

    dalam bel yg penting kta pkr positif ya om..

  14. Coba ah…saya pengen dapet IP 4 Nh smster ini om…mw sy praktekin drumah,wassalam…

  15. kus andriadi, asswrwb…

    kalau gak salah anda yang pernah belajar silat tenaga sin lam ba selama 2 tahun kan ?…

    dengan berdasarkan enerji Illahi yang pernah anda akses lewat jurus silat tenaga dalam, maka enerji alam bawah sadar sebenarnya sudah ready for use…siap pakai !

    bayangkan kalau orang yang menyerang dengan senjata tajam saja bisa anda atasi hanya dengan mata tertutup, masa menjawab soal ujian saja anda tidak bisa lakukan denga mata tertutup? (maksud saya dengan menggunakan enerji Illahi yang bisa menembus batas logika)?…

    Para pesilat tenaga dalam yang terlatih dan mumpuni (sering uji coba bertarung dengan lawan yang bertaruhkan nyawa), jawab soal ujian harus dianggap mudah…kita belajar semua ilmu tentunya harus bermanfaat bagi kehidupan kita dan sekeliling kita ( rahmatan lil alamin)…harus…biar gak mubazir…dan itu sangat menggairahkan, meningkatkan adrenalin dan kita akan selalu energik…

    Kalau anda sering uji coba bertaruh nyawa dan anda lolos, maka anda kan sangat yakin bahwa Allah itu memang selalu mndampingi kita dijalan yang benar…!

    Tapi hati hati, kalau sudah punya pacar, nanti dilarang pacarnya….isteri saya sering marah kepada saya…tapi ternyata sampai sekarang usia 65 tahun, Allah masih mengizinkan saya mengamalkan ilmu tersebut…Yang penting harus selalu minta izin Allah…Tuhan kita hanya Allah, ingat itu !

  16. sebelumnya saya juga tidak suka menghapal makanya saya memikih jurusan IPA si SMA.
    Tapi, setelah si perguruan tinggi,, saya lulus di JURUSAN AKUNTANSI.
    Walaupun notabene masih ada hitungannya, tapi itu membuat saya malas belajar..
    makasih ya pak buat tips nya..
    saya kan segera coba tips ini…
    mudah-mudahan ini bisa menjadi jalan untuk saya kedepannya…

  17. salam pak tirta.
    saya adalah seorang mahasiswa Fak Kedokteran semester 1..
    jadi saya mohon kpd Bapak agar memberi saya tips agar dapat mengingat semua pelajaran yang begitu banyak di Fakultas ini..
    terima kasih..

  18. Asslmualaikum..
    saya ingin masuk akmilAD, itu adalah cita2 saya dari kecil, yg ingin saya tanyakan , bagaimanakah kiat2 agar sukses dan busa ditrima di akmil, mohon petunjknya
    sblmnya trimakasih..
    wasslamualaikum..

  19. ima, asswrwb….

    Ayah sudah masuk dan lihat blognya Ima…wah keren bener…tapi ayah belum berani kasih komentar….belum tune dengan frekuensinya Imaa…persis baca tulisan anak ayah yang bontot, sama sama kelas 3 SMU dan sama umur 17 tahun, sama alumni ESQ Teens….tapi belum main blog…masih suka friendster…

    Ayah baru taraf menjadi pembaca yang baik aja dulu…

  20. Assalammu’alaikum…

    PAGI!!!

    apa kabar Om??? gmn kabarnya karina???

    Om, Tipsnya bakalan puty coba… hehehe udh deket ujian ne…

    salam 165. semoga aja kita bisa ketemu ya om…

    1. seta, mungkin seta sama dengan anak saya yang bontot, sma kelas 3, mau ujian akhir…tapi gak bisa ngikuti metoda saya…pusing katanya…gak efektif…saya mau ikut bimbel aja (bimbingan belajar ), walau bayarnya mahal….

      Seta, saya gak ada metoda lain yang lebih baik, buat saya sangat efektif karena dulu saya bukan anak yang mampu membayar bimbel yang relatif mahal….

      kalau gak bisa ikuti, ya ikut aja bimbel seperti anak saya…metoda saya memang sangat berat…tapi cocok bagi mereka yang uangnya pas pasan dan mau memeras otak, mau pusing…..

  21. saya udah nyoba pak,tapi saya modif dikit caranya agar cocok untuk anak muda zaman sekarang yang pemalas ky saya,hehehe…
    hasilnya UTS (ujian tengah semster) saya dapet 70…T_T kurang bagus pak nurhana nilainya…tapi kalo boleh jujur,,stelah menerapkan cara pak nurhana..saya ngerjain itu ujian lancar banget,,

    seakan2 di otak saya ada buku yang tinggal balik2 halamannya aja…hahaha,
    tapi koq,,saya dapat 70..padahal yakin banget dapet 90..
    tp yang bikin ragu2 itu saya jarang bgt ujian gak nyontek…jadi pas sekalinya ngerjain sendiri lancar bgt, agak ragu2 jawabannya bener apa nggak(walaupun sebenernya itu jawaban bener)…

    itu mungkin yang dinamakan the secret ya pak,rasa ragu2 saya yang salah? bagaimana tanggapannya pak nurhana??

    terus itu kan kalau mata kuliah nya berbentuk hapalan,,klo eksakta/ilmu pasti seperti matematika bagaimana belajarnya pak??

  22. PAK, SESKOAD ADALAH TEMPAT UNTUK BELAJAR/MENIMBA ILMU, JADI SEHARUSNYA BUKAN UNTUK SARANA SELEKSI . ORANG YANG BODOH HARUS DIBUAT PINTAR , SESUAI DENGAN PROGRAM DIKNAS MEMBERDAYAKAN SDM. JIKA SAJA ALOKASI ANGGARAN TERBATAS MAKA SOLUSINYA GUNAKAN ANGGARAN PRIBADI, SAYA YAKIN SEMUA YANG BODOH AKAN MAU BAGAIMANAPUN CARANYA UNTUK DAPATKAN UANG DEMI PENDIDIKAN. ANGGAP SAJA YG LULUS DAPAT BEASISWA DAN YG TIDAK BAYAR DEWE-DEWE. SAYA YAKIN TNI AKAN DIHUNI MANUSIA YANG BERKUALITAS.

  23. ayaah. kmaren aku pas Ulangan akhir smster 1 aku coba tipsnya

    hasilnya..
    alhamdulillah hasilnya bagus
    makasi yaa ayah :D

    terimakasih juga ayah udh berkunjung

  24. Klo resep buat saya yg efektif gmn pak? secara tidak banyak waktu buat belajar mengingat status sebagai ibu dari 2 anak (tk dan bayi),karyawan swasta,skaligus mahasiswi…plus kehidpan sosial lainnya.Waktu jaman sekolah n kul dulu alhamdulillah berprestasi.Mohon advise.Jazakallah pak…

  25. gni Om, mu tnya gmna klo aq tu lgi males jlanin ini tips, problemnya gmna cranya bwt ngilngin rasa malesnya itu?????????? jwab ya Om, Please..

    1. rohmat, asswrwb….trims atas apresiasi anda….kalau anda mampu melaksanakannya secara total, saya jamin hasilnya…dengan metoda ini saya gak pernah tidak lulus ujian intelektual.
      Tapi akan lebih berhasil kalau anda juga mempelajari Positive Thinking dalam blog ini…

  26. Bagaimana cara menghapal tidak cepat lupa, karena selama ini saya hari ini menghafal, besoknya sudah lupa?.

  27. assalamualaikum wr. wb.
    terima kasih atas ilmu yang disampaikan dalam blog bapak. mungkin bisa saya terapkan dalam belajar saya dan teman2..

  28. Saya ank kls 2 smp,sebentar lagi akan melaksanakan ujian semeter.saya dah coba utk menghafal dengan jembatan keledai dan saya rasa sudah mantap,tetapi sekitar 20-30 menit kemudian,kok saya lupa lagi?bagaimanakah cara supaya saya bisa mengingat pelajaran dengan lebih baik?

  29. assallammualikum pak nurhana, saya sering ngunjungin blog bapak dan selalu dapat banyakhal terutama yg sering ign saya tau+tanya,dan seperti magnet saya mengunjungi blog bapak kemudian mendapatkan jawabannya,seperti sekarang saya lagi mau nyusun skripsi tapi judulnya sering ditolak sama dosen pembimbing saya,kalu boleh saya minta saran bapak gmn agar bisa disiplin dalam membagi waktu membuat skripsi yg baikberikut tips2nya,karena saya kuliah sambil kerja jadi lumayan keteteran dlm membagi waktunya,mohon sarannya ya Pak,terimakasih sebelumnya..wassallam

  30. Bole caranya tu om..
    Tapi, rasanya waktunya kurang pas krn hari ini ujiannya ada 3 macam yaitu IPA : fisika kimia biologi
    Adakah cara cepat lainnya dan tidak terlalu menguras otak?
    Terimakasih sebelumnya.. Dan mohon dibalas ya.. Karena penting..

  31. Istirahat 30 menit? Hnn aku mah dah pasti ilang semua tuh hapalan. Cm 30 menit aja udah diterbangin angin tuh isi hapalan! Gmana yaaa?

  32. wah…makasih sekali ya om,,,tips tersebut akan saya coba,,berhubung saya akan melaksanakan UN jadi tolong do’akan saya supaya mencapai hasil yang memuaskan,,,seperti om…

  33. oh ya, satu lagi…kalo cara ini kan lumayan lama,,,kalo menghafal dengan waktu cepat gimana ?

  34. ass bapak..saya mhn ijin gabung..terima kasih pak masukan yang sangat berharga..rata2 senior di AD masih menggunakan seperti yg bpk pakai..mgkn dari bapak dulu…semoga bapak selalu dalam lindungan Allah..amin

  35. menurut saya tips ini bagus.tp saya kurang suka dgn bagian ditulis ulang singkatan dlm kertas.saya lebih suka menyuruh org untuk mendengar hafalan saya.
    Menurut saya itu lebih gampang.
    Dan sebelum tdr saya membaca ulang terlebih dahulu.
    Dan bangun tdr.saya baca sedikit.
    Selebihnya sebelum ujian saya baca kembali.
    Cara ini tentu lebih efektif bagi saya.
    Tapi terima kasih atas tips ini.bisa bikin semengat murid murid yang sekarang kebanyakan malas menghafal.sehingga otak kiri otak kanan tdk berjalan maksimum

    1. enyelin, kalau anda merasa dan yakin cara anda lebih baik, silahkan tidak apa apa…yang penting sebenarnyaadalah ” Keyakinan pasti berhasil”…itu yang paling penting…bahkan ank saya yang bontot sama sekali tak mau menghapal keras, cukup belajar disekolah dan les diluar sekolah saja, tapi karena dia sangat yakin akan caranya sendiri ya hasil UANnya selalu diatas nilai 9, bahkan banyak yang 10…

      Cara yang saya jelaskan adalah cara belajar untuk orang normal, bukan orang super dan punya kepercayaan diri super pula….Untuk latihan “mengasah otak setajam mungkin” yang akhirnya “menciptakan Keyakinan dan kepercayaan diri yang tinggi…”…

  36. Makasih pak tipsnya akan, akan sy cba,, terakhir sy buka blog bpak wakt adik saya lg tes di mglang,,,
    semoga dengan tips ini saya bisa melewati ujian 2x seminggu saya akhir-akhir ini dengan sukses.. saya sudah bingung bagaimana mengatur nya…

    1. atikia, asswrwb, trims atas apresiasinya…
      Kalau anda mau melaksanakan petunjuk saya diblog ini, saya jamin anda akan selalu lulus ujian apapun, karena otak kiri anda akan sangat tajam dan juga akan sanggup berinteraksi dengan otak kanan dan otak tengah anda yang super jenius/Supra concious…
      Saya sudah buktikan selama puluhan tahun dalam karier saya sebagai militer, tak pernah tidak lulus tes apapun…….selamat berjuang…anda pasti bisa, asal mau…where is the will, mthat is the way…!!!

  37. Hebat….
    Caranya gak susah susah banget sihh…
    tapi sungguh” membantu.
    :)
    semoga saya berhasil mengerjakan soal soal Ulum dengan cara ini,

    1. corine, asswrw, nilai seratus utk anda…memang harus dicoba dulu, baru bisa tahu hasilnya, jangan belum coba sudah ketakutan tak bisa melaksanakannya….yakinlah anda bisa..!!!

    1. vebryota, asswrwb, trims atas apresiasinya….nilai ulangan umum akan baik kalau anda mampu mengerjakan dengan baik semua pertanyaannya…utk itu anda harus menguasai semua inti pelajaran yang akan diujikan nanti…buat inti sari pelajaran yang akan diujikan dengan membuat “jembatan Keledainya”, dengan metoda saya, dikeluarkan dari otak langsung, bukan membuat singkatan dari bukunya…
      Ketahuilah bahwa permasalahan dalam menjawab soal adalah kita sulit mengakses memory kita dan mengeluarkannya sesuai keperluan, padahal sebenarnya ada diotak bawah sadar kita/dimemory kita…
      Agar kita bisa mengakses memory kita yang berada didalam alam bawah sadar kita, agar muncul kealam sadar/ pikiran sadar kita, maka kita harus sering melatih memasukan data ke memory dan mengeluarkannya kealam sadar, sama seperti kita melatih kemampuan mengakses semua data yang ada dikomputer yang kita taruh di Hard Disknya, kalau tidak sering dilatih, maka kita sering keliru atau lupa cara mengerjakan berbagai program yang sudah kita install, dan membuat komputer kita eror…

  38. alhamdulillah pak, caranya berhasil utk minggu2 ini…
    shabis tahun baru nnti sya semesteran.. saya insy akan mmakai cra yang sama.. doakan ya pak..

    1. atika, subhanallah, anda berhasil karena anda mau bekerja keras memeras dan mengasah otak anda….asahlah otak anda sekeras mungkin, agar secara otomatis hisab atau tirai pembatas antara alam sadar dan bawah sadar anda menjadi terbuka, lalu anda akan bisa menjawab apapun semua pertanyaan ujian ….pada saat teman dekat anda panik terkencing kencing karena stress tak bisa jawab soal, anda justru tersenyum renyah karena alam bawah sadra anda yang super concious yang akan ambil alih kerja otak kiri anda…
      Kalau kita rajin memeras otak kiri kita, maka pintu kealam bawah sadar anda yang sopir jenius terbuka, maka anda seolah ada yang mengarahkan untuk menjawab soal, tapi anda tak tahu itu siapa…itu bukan jin,,,tapi itulah The Magic Power Of Your Mind…Kehebatan alam bawah sadar anda terakses…!!!
      Saya jamin anda berhasil, karena anak sayapun yang namanya Febriana, yang mau mengikuti arahan saya, dia berhasil menjadi The Best Of The Best dari Alumnus Univesitas Airlannga Surabaya tahun 2000, dengan predikat Suma Cumlaud, ipk 3.75…..dia kemudian berhasil lulus masuk Karyawan Bank Indonesia, lolos bersaing dengan puluhan ribu kandidat yang ikut test BI, dan sekarang anak saya Febriana berhasil mendapat Bea siswa S2 di Manchester University di Manchester United Kingdom, membawa suami dan anaknya…
      Selamat berjuang dan belajar yang keras….!!!

  39. Terima kasih buat sharingnya pak ….walau sederhana ternyata kalo kita amalkan Insya Allah yg biasanya pelupa bisa jadi tajam lagi ingatannya …kebanyakkan dari kita suka memikirkan jalan2 yg sulit utk berhasil padahal masih banyak jalan yg simple asal rajin dan tekun akan membawa hasil ….

  40. saya adalah salah seorang yang paling susah utk mghpl apa lg lau mnghpl pljrn huf….
    susah bener n wktu saya mulai putus asa tiba2 eh..saya ktmu blog Bpk n saya akn mncba na krna mnrt saya mtode na kren wlaupn sprti na agk rumit tp saya akn tetap mncba na krna saya malu saya dpt IP yg rndh smster ne

    1. leli, asswrwb, semua yang bermutu dan berharga itu memang harus susah mendapatkannya, pakai perjuangan dan will yang kuat…selamat berjuang…pasti bisa !!!

  41. WAH, ARTIKEL BAPAK SANGAT MEMBANTU SAYA PAK,,,, SAYA SEORANG MAHASISWA JURUSAN MATEMATIKA YANG MASIH MEMPUNYAI KESULITAN DALAM MATERI KALKULUS PAK,,,,

  42. oh ya SAYA DALAM BELAJAR PALING SUSAH MENANGKAP PELOAJARAN OM BAGAI MANA CARANA SUPAya saya dapat menangkap pelajaran mohon di balas yea om

  43. Om saya mau nanya, metode belajar sy itu belajar sambil nyatet apa yang sy baca. Jadi pertama sy stabiloin, baru sy catet apa yg udh di stabiloin baru dihapalin. Nah, kalau gak seperti itu sy kesulitan untuk menghapal jadi sy lbh suka menghapal dari yg udah sy catet tpi metode itu boros waktu krena mencatet itu perlu waktu yg lbh byk. Nah, kira2 untuk mengatasi waktu yg byk terambil untuk mencatat itu bagaimana ya? Tpi di sisi lain metode itu udh klop ama sy. Mohon sarannya!

    1. Juwita, asswrwb, saya puji kemauan anda utk belajar yang serius dan keras utk mencapai hasil yang optimal/maksimal…Upaya itu saja sudah baik, tapi akan lebih baik lagi kalau anda mengetahui metoda kerja sama antara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar anda secara lebih sempurna..silahkan baca artikel The Magic Power Of Your Mind diblog ini…
      Cara belajar yang saya anjurkan diblog ini telah melibatkan kekuatan pikiran bawah sadar kita secara aktive. Jadi anda bukannya diajar menjatat yang distabilo, tapi harus menutup semua halaman buku tersebut, yang anda hapal dan anda harus menulis ulang apa yang anda pelajari dibuku, langsung dikeluarkan dari dalam memory otak bawah sadar anda !!!….memang agak berat, tapi kalau sudah terlatih baik, anda akan mempunyai kemampuan menuliskan apa yang pernah anda pelajari dan tersimpan dimemory alam bawah sadar anda, setiap dibutuhkan, yaitu menjawab pertanyaan…Kalau sudah terlatih, maka dengan mudah pikiran sadar anda mengkontak alam bawah sadar anda untuk menjawab setiap pertanyaan diujian anda, asal anda pernah membacanya sebelumnya, karena semua tercatat rapih di memory otak bawah sadar anda/thalamus…

    1. ainun, asswrwb, trims atas apresiasinya, mengapa tak segera mencoba, gratis kok…tinggal menyiapkan Niat dan Upaya yang Keras saja….Allah menyukai mereka yang mau berusaha dan bekerja keras, memeras tenaga dan otaknya…..amin..

  44. Wasskum Om, sy mau nanya lg. Sy sdg brusaha mncoba metode tsb, 2 minggu lg sy ujian semesteran. Nah, yg dimaksud review tsb apakah tiap harinya kita hrs mencatat ulg u/ mmbuka memori kita atau review yg dimaksud hanya skedar dibaca tiap harinya? Karena materi yg sy hapal bgitu byk dibidang mapel yg berbeda2, klo mereview hnya diulang dibaca apakah bsa efektif? Mengingat materi yg byk sdangkan waktunya kurang. Mohon sarannya!

  45. pagi pak….
    pak saya mau nanya apa ada cara lain menghafal pelajaran dengan cepat selain cara jembatan keledai tdi….? tentunya cara yang cukup mudah
    makasih…..

  46. Pak Saya Mau Tanya .
    Terkadang kalau mau belajar kayanya Maless Tapi Klo Mau main game Semangat banget kadang2 Dari Jam 7 malam – 11 malam
    Gimana Caranya Agar saya Bisa Melupakan Game Dan Semangat Untuk Belajar??
    Mohon Dong Jawabannya

  47. Pak, saya anak asrma, saya punya kesulitan dalm hal mengingat pelajaran dan membagi waktu, kesulitan ini buat sya susah meraih nilai terbaik saat ada ulangan ataupun test..
    bisakah bpak memberikan solusi tentang masalah saya ini? tlong bantuannya Pak!
    Terima Kasih.

  48. pak, saya masih SMA disekolah saya sellalu pelajarannya menghapal dan menghafal . . terutama pelajaran kimia dan biologi . .
    saya sudah mencoba trik yg bapak ajarkan tetapi saya kualahan saat menghafalnya,karna dalam seminggu itu bukan cuma 1 atau 2 pelajaran yg musti dihapal, tetapi ada banyak, jadi saya bingung untuk menghafalnya berkali – kali sedangkan yg dihapal itu pelajarannya banyak . . . jadi saya butuh solusi lain pak . . . .

  49. pak mau nanya apakah cara yang bapak katakan di atas dapat diterapakan dlm bidang matemetika sma?
    kalo bisa bagaimana contohnya?
    terimakasih.

    Nb : sebentar lagi saya akan menhadapi ujian tertulis matematika sma, sedangkan saya anak smk.
    bagaimana menghafal rumus2 matematika tsb.

  50. super skliiii,,,,,makacih yach
    bpk adlh slh stu motivator yg the best,,,,i like it
    mw coba ah,,,,do’ain yach,,,,

  51. asalamualaikum wr. Wb
    Sy tio dari lampung, sy adalah pegawai baru PT. KERETA API INDONESIA (Persero) yg skrg sedang pendidikan fungsional di bandung. Sy mengalami kesulitan belajar tentang materi2 kreta api yg diberikan. Karena pengetahuan sy di kreta api masih nol. Sudah beberapa x ujian hasilnya kurang memuaskan. Sampai sy memilih jalan pintas utk nyontek. Tp malah ketawan sama pengawasnya.
    Skrg sy sedikit depresi, ketika belajar dikelas sy jd mengantuk, ngbleng, nglmun, dan terkadang ketiduran.
    Bagaimana metode belajar yg harus sy lakukan pak??
    Sy depresi bgt, krna utk masuk di perusahaan ini gk gmpang. Waktu tes masuk dulu sy kerja keras bgt.
    tolong bntu sy pak, karna kalo sy gk lulus pendidikan fungsional, resiko terberat sy akan dipecat dri perusahaan ini.
    Trimakasih….

    1. Tio, asswrwb. Saya tegaskan, bukan hanya masuk jadi pegawai KA saja yang susah, hampir semua yang berkwalitas pasti susah. Yang mudah pasti tak berkwalitas, karena tak diminati banyak orang, kurang saingan, tesnya akan relatif mudah…
      Ingat bahwa kalau anda menganggap apa yang anda hadapi itu sulit, maka hanya kesulitan saja yang akan anda dapatkan, tak akan ada kemudahan, karena pikiran negatif andalah yang menarik kesulitan dalam hidup anda….Rubahlah pikiran anda menjadi positive, taka ada pekerjaan yang sulit asal kita mau berusaha…orang lain mampu, masa kita tidak?…Sugestikan diri anda bahwa anda itu mampu!!!…

  52. Assallamualaikum Bapak,
    Alhamdullilah saya menemukan Tips ini.Akan saya praktekkan utk bisa menembus dan lolos tes seskoad tahun 2012.Mohon doa restunya

  53. assalamualaikum,akan kami coba dan terapkan dalam tes tahun depan Bapak.
    misalkan tes bulan April 2012 saat yg tepat kapan memulai belajarnya pak ? bagaimana cara/tips mempertahankan semangat belajar dalam rentang waktu skr sd april depan ? terimakasih

  54. menurut saya kq cara nya kurang efisien pak.. memakan banyak waktu…kalo disingkat 1x aja gmana ngulangnya??hehehe…. 10x terlalu memakan banyak waktu….belum lagi qta harus menghapal pelajaran yang laen…..

  55. saya, punya adik yg bisa dibilang pintar dalam akademik sewaktu sekolah karena dia selalu mendapatkan peringkat 3 besar. tapi akhir-akhir ini dia selalu mendapat nilai jelek di kuliahnya padahal setiap hari dia sudah belajar. dia menanyakan ke saya apakah cara belajarnya selama ini salah? dia selalu menghafal semua pelajaran secara mendetail dengan suara yg diulang-ulang dan membuat tulisan di kertas yg berisi kata kunci atau judul-judul setiap bacaan. setelah dirasa hafal, maka ia menutup buku dan mulai mengulang materi yg dihafalkan dengan melihat kata kunci/ judul judul bacaan yg ia tulis tadi. kalau menurut saya cara itu tidak salah, tetapi mengapa setiap ada tes/exam nilainya selalu jelek. apa karena materi pelajarannya terlalu banyak sehingga waktu menghafalnya tidak cukup atau bagaimana? mohon bantuannya supaya saya dapat membantu adik saya mengatasi ini.

    1. Donnie, memang betul tidak salah, tapi tidak seperti yang saya ajarkan, adik anda jangan membuat kata kunci/jembatan keledai saat buku masih dibuka. selesai baru ditutup, tapi buku harus ditutup dulu baru membuat singkatan kata kunci/jembatan keledai diperas dari dalam otaknya, bukan disingkat dari buku yang terbuka….
      Jadi kegagalannya karena pada saat membuat singkatan, bukunya masih terbuka….petunjuk saya adalah, tutup semua buku yang dipelajari, setengah jam kemudian baru buat tulisan singkatan langsung dikeluarkan dari otak adik anda…tanpa buka uku sama sekali…
      Semoga memahami perbedaannya…Kalau sudah mau ikuti petunjuk saya dengan tepat, masih gagal juga, wallahu alam, saya tak bisa bantu lagi…

  56. akan sya coba tips’a,.
    semoga dgn tips inni sya mendapatkan nilai yg memuaskan,. aminnn

  57. ambilah kertas yang berisi tulisan singkatan mata pelajaran tersebut dan tempel didinding tempat anda belajar…

    itu maksudnya apa pak ?

    dan ini juga pak

    Setiap hari,minimal satu kali anda harus review hasil catatan yang ditempel tersebut dengan membuat copy catatan yang anda keluarkan dari otak, bukan diaca dari kertas berisi singkatan itu !!! ?
    maksudnya apa

    saya kurang paham

    kalau bisa , tolong di perjelas sedikit pak

    Terima Kasih.

  58. ass, ,alahamdulilah,, makasih om,, moga uli bisa ikut tips om,, soal@ uli susah banget ngehapal om,sikit ngehapal kepala langsung sakit,, tapi ko ga dipaksain pasti ketinggalan,apalagi ngehapal tuk praktek,om biar ngehapal tidak boring om da tips lagi ga?????? uli kuliah kedokteran uli sering jenuh menghapal om,,, mohon tipsnya om,, makasih om,,ass

  59. super baget bapak saya igin mencobah karena saya merasa saya lebih rendah di bandingkan temen – temen saya yang lain

  60. ASALAMUALAIKUM PAK AMI NAMA SAYA DONNY ASAL SOLO,SAYA PUNYA KAKAK SATU2 NYA PEREMPUAN PADA TANGGAL 10 FEB SAYA KEASANA DIA DUDUK DI KURSI SAMBIL TERPEJAM MATANYA LALU DIA MELOTOTI SAYA DAN BILANG KAMU ITU BANYAK ILMU HITAM NYA DAN TERLIHAT GELAP,BEGITU PULA PERLAKUAN DIA THDP ISTRI SAYA,SEMUA KELUARGA DI SURUH ISTIGHFAR DAN DIA BILANG ADA SESUATU KEKUATAN YANG MERASUK KE TUBUH DIA DAN DEMI KEBAIKAN SINGKAT CERITA PIHAK KELUARGA MENDUGA DIA KESURUPAN SETELAH BBRP USTADZ DAN 3HARI 3 MALAM DIA TIDAK TIDUR ADA SATU USTADZ YANG SANGAT YAKIN KALO DIA BUKAN KESURUPAN MELAINKAN GANGGUAN KEJIWAAN KRN SPT YG DI TULIS BAPAK DI ATAS DIA SELALU MENYEBUT DIRINYA LENNY WALAUPUN SDH DI BACAKAN BERBAGAI MACAM AYAT AL -QURAN JUM’AT SIANG TGL 17 FEB 2012 DIA EMOSI HEBAT SAMPAI2 KEPALA DI BENTUR2 KAN DI TEMBOK KAKI DI HENTAKAN KE LANTAI KRN KITA KHWATIR KITA BW KE RSJ 2 HARI 2 MALAM HAMPIR HARI2 NYA DI ISI DNG TIDUR KRN PENGARUH OBAT MUNGKIN,SIANG TADI SY KESANA SY TANYA KEJADIAN2 SBLM DIA DI BW KE RSJ TERNYANTA DIA INGAT SEMUA,TAPI DARI PANDANGAN MATA DAN PEMBICARAAN YANG KAMI LAKUKAN SAYA YAKIN KAKAK SAYA BELUM SEMBUH,MALAH DIA SELALU BILANG AKU INI SEHAT KALO DI SUNTIK DAN DI KASIH PIL KOPLO DISINI MAKA KALIAN2 (KELUARGA)SEMUA INGIN MEMBUNUHKU,MAKA SAYA AKAN MENCOBA SPT APA YFG DI TULIS BAPAK DIATAS MBW KE AHLI SYARAF YG HANDAL.KRN FEEL SY DIA SANGAT SENSITIF,PARANOID (MUDAH SEKALI CURIGA) DAN SELALU BERPIKIRAN NEGATIV DNG SEMUA ORANG TERUTAMA KELUARGA DAN TEMAN DEKATNYA.MOHON PETUNJUK CARA PENGOBATANNYA DAN HARUS KEMANA.KALO BOLEH MINTA NO TELP ATAU PIN BB BAPAK SAYA MOHON PAK SAYA SANGAT SAYANG PADA KAKA SAYA ….MOHON MAAF KALO ADA SALAH KATA KRN BARU KALI INI SAYA BERANIKAN DIRI MENULIS .KAMI HATURKAN TERIMAKASIH SEBESAR2 NYA….

    1. DONY, membaca semua uraian anda tentang kaka anda, saya cenderung curiga kakak anda menderita kelainan kejiwaan sejenis SHIZOPREN…cirinya persisi seperti yang anda sampaikan, saran saya:
      1. Lakukan introspeksi secara menyeluruh didalam keluarga besar anda, mulai dari ayah ibu anda, semua saudara saudara anda dan kakak anda sendiri, lakukan dengan jujur dan hati ikhlas, pernah berbuat dosa apa baik kepada Tuhan maupun kepada sesama manusia…LAKUKAN PERTOBATAN NASUHA SECAR BERSAMA SELURUH KELUARGA…
      2. Bawa kaka anda ke dokter spesialis saraf, yang handal, obati.
      3. Periksa kondisi jantungnya, biasanya ada kelainan, obati.
      4. Ajari kakak anda berpikiran positif, baca diblog saya.
      5. Lakukan terapi otaknya di www. terapymusic.com, cari di internet
      5. Lakukan terapy elektron medic 9000.
      6. Beri herbal tepung buah Pinang muda, diberi tepung lada hitam sebanyak 9 butir, diseduh air panas, setelah dingin diminum malam hari sebelum tidur, sebagai pengganti obat tidur/penenang, sehari sekali, selama 10 hari nonstop, jedah 2 hari, ulangi terus agar tidurnya lelap.
      7. Berikan minuman sari buah pala setiap hari sehari tiga kali, penenang otak.

      Pada prinsipnya kakak anda harus dilakukan terapy atas PIKIRAN DAN OTAKNYA SECARA SIMULTAN…salah atau terlambat akan menjadi lebih parah dan gila tak bisa sembuh lagi…berobatlah kepada Tuhan…

  61. pak terimakasih atas tips yang anda berikan ,semoga ini membantu saya dalam memudahkannya memahami pelajaran,maaf pak kalau boleh saya bertanya adakah jenis jenis nutrisi otak tertentu yang memudahkan kita dalam menghafal pelajaran?

  62. Assalamu’alaikum bpk..
    saya mau minta solusi dr bapak, saya sll mengalami kesulitan setiap ada tes bhs inggris. sdh 3X melakukan tes ttp sll sja gagal. apa lagi untuk tes pilihan ganda. bgmn cra belajarnya yg bnr?khususny untk menjawab soal pil ganda.

  63. Slamat malam om..
    Nanya nih om itupun kalau om berkenan ngejawab, soalnya bukan tentang mengingat pelajaran tapi soal orang yang kena hipnotis, kalau mereka yang terhipnotis itu otak bagian mana yang terpengaruh.. Dan bagaimana menghindarinya.. Bener gak om ada orang yang bisa membaca pikiran orang.. Maaf ya om pertanyaannya agak nyeleneh..
    Bener2 pengen tau saya nya.. Habisnya unik dengan fenomena tsb..
    Terima kasih sebelumnya..

    1. Gunawan, hipnotis itu memasukan sugesti melalui pikiran sadar kedalam pikiran bawah sadar siobyek, agar pikiran bawah sadar obyek mau melakukan perintah penghipnotis…pikiran sadar ada pada otak besar dengan frequensi Beta ( 17-24 gelombang/detik)…pikiran bawah sadar ada pada Lymbic system, Otak tengah, yang bekerja pada frequensi Alfa dan Theta (4-17 gelombang/detik)..
      Cara menghindarinya adalah jangan mau dihipnotis, karena kalao gak mau, hipnotisme tak bisa dipaksakan…
      Mungkin yang kamu tanyakan ini ilmu Gendam/sihir yang mirip hipnotis..untuk memaksa orang mau menyerahkan uang dan harta bendanya secara tidak sadar ???!!!…itu bukan hipnotis tapi ILMU SIHIR, ilmu hitam, menggunakan KEKUATAN IBLIS DAN SETAN…BUKAN KEKUATAN PIKIRAN SEPERTI HYPNOTISME.!
      Untuk menghindari ILMU GENDAM/SIHIR, mendekatlah kepada Allah !!!

      1. Trims dengan jawaban tentang hypnotisnya om, berarti saya enggak salah mampir ke blog ini, selanjutnya yang bisa membaca pikiran orang nah yang itu gmana om.. Saya sekarang merasa seperti orang yang mengalami hal tersebut setiap apapun yang pernah saya pikirkan di benak saya maka dalam kehidupan nyata sepertinya saya diperlihatkan dengan apa yang sy pikirkan tersebut. Apakah ini nyata atau suatu kebetulan saja saya tidak tahu, yang jelas skrng sya seperti orang yang ragu dan selalu berprasangka buruk thdp orang lain.. Bagaimana ini om mengatasinya..

      2. Kalau cerita anda itu benar, maka anda memiliki bakat SUPERSENSE/INDERA KEENAM/SIXTH SENSE yang berasal dari ALAM BAWAH SADAR ANDA/PIKIRAN BAWAH SADAR, yang memberitahukan kepada pikiran sadar anda…
        Mulai sekarang anda cataT atau rekam dihandphone anda semua pesan yang dikirim oleh bawah sadar anda yang ternyata kemudian terjadi….lalu selanjutnya anda harus ikuti pesan dari PIKIRAN BAWAH SADAR ANDA agar anda lebih peka dan tepat menafsirkan dan melaksanakan PETUNJUK PIKIRAN BAWAH SADAR ANDA…
        Agar anda tidak tersesat oleh PESAN DARI IBLIS YANG MENYAMAR SEOLAH ITU PESAN DARI PIKIRAN BAWAH SADAR ANDA, anda harus segera mendekatkan diri kepada Tuhan, lakukan seluruh perintah Tuhan dan jauhi larangannya…kalau anda tidak segera mendekat Tuhan, maka anda justru akan celaka sendiri, karean IBLIS AKAN MEMANFAATKAN BAKAT ANDA UTK KEPENTINGANNYA…ANDA HARUS SANGAT HATI HATI SEKARANG…!!!

      3. Tapi om yang saya takuti ini menyangkut nyawa seseorang, mulanya suatu malam saya pernah mengingat kejadian masa lampau tentang orang tersebut tapi tak brapa hari kemudian orang tersebut meninggal dunia, takut saya om.. Nah yang saya takuti itu seseorang membaca pikiran saya dan berkata bohong dengan orang yang meninggal tersebut.. Soalnya sya tidak melayat orang tersebut HANYA MENDENGAR dari orang lain.. Nah keragu-raguan itu yang timbul dihati saya, seperti bener gak sih yang dikatakan orang tersebut, intinya saya takut sekali dibohongi dan dipermainkan.. Mohon bantuannya om.. Ini sangat mengganggu hidup saya..

  64. aslm,,,mas mnt tolong dunk mas kasie tau caranya agar apa yg sdh dihafal tetap sllu diingat…..trims…

  65. Gimana om.. Bagaimana sebaiknya saya om.. Skarang saya mulai kehilangan konsentrasi mau kerja tapi terus dihantui dengan pikiran tersebut sehingga mengganggu kehidupan saya,.. Pernah suatu saat saya mendengar orang yang berkata seperti menyindir saya.. Gini om ngomongnya ”apapun yang diucapkannya (mungkin maksudnya saya) dicatat dan omongan saya itu dikembalikan ke saya supaya sya stress, katanya” Nah omongan jahat itu yang sampai sekarang saya pikirkan.. Jujur saja saya pernah menyakiti orang ini dan saya sangat menyesal dengan perbuatan saya.. Nah sekarsng hal tersebutlah yang mengganggu pikiran saya selama ini sepertinya orang tsbt dendam dengan saya, itu tadi yang membuat saya berpikir bahwa saya sedang dipermainkan orang tersebut..

  66. mudah-mudahan bermanffat buat saya
    trimakasih atas tipsnya. dan mudah-mudahan saya bisa mengerjakannya dgn benar.
    untuk ujian sekolah minggu depan. aminnnn……….

  67. kalau waktunya singkat banget truss , aku ini orgnya lupa2 inget , gmna donk ??

    trima kasih__

    1. Kepala pusing karena asupan oxigen dan nutrisi ke otak tak memenuhi kebutuhan otak untuk bekerja, karena itu nutrisinya harus cukup dan peredaran darahnya harus baik pula, sebaiknya periksa ke dokter ahli saraf, siapa tahu ada yang terganggu.

  68. wahhhh besokk saya ujian nihh,,, bingung mau blajar dari mana kemana !!!! materinya sangat banyak, saya mau mencoba menghafal sambil menulis,, dan menghafal dengan jembatan keledai,,, hhehhe semoga berhasil nihh,, oh oyahh kebiasaan saya, saya selalu panik ketika ujian segera dimulai ,, akibatnya materi yang saya hafal saya lupa semuanya,,,, hmmm thanks buat infoo ini.. ^-^…

  69. wah..! saranya benar” membantuk…! :D
    tapi ada gak ya cara biar lebih cepat dan mudah untuk belajar, soal nya itu cukup lama juga..! :(

  70. pak tirta saya mau nanya saya akan meng hadapi uts 2 minggu lagi dan belum di bagi rosternya saya kan harus belajar nah yg saya mau tanya bagaimana cara agar menghafal semua pelajaran saya yg ada 14 mapel tapi dalam minggu depan saya ada retreat yg memotong wak tu saya dan saya bingung bagaimana cara nya???

  71. asalmu’alkm wr.wb.

    bpk,saya seorang pelajar SMA,
    saya sering mendapat masalah belajar di sekolahan saya
    terutama pelajaran matematika,
    dan faktor utama penyebab saya malas belajar yaitu karna saya sudah pacaran,
    dan saya ingin mintak saran dari bapak
    bagaimana supaya saya bisa termotivasi untuk belajar kembali….???

  72. saya tidak tahu harus apa. memang benar yang di katakan di atas itu benar. saya ankan mencobanya sedikit demi sedikit, saya sangat menyesal jikalau saya ulangan/exam selalu mendapat di bawah KKM. saya sangat malu dengan nilai saya yg buruk. akhirnya sampai di rumah saya merenungkan bagaimana caranya nilai saya bisa menjadi baik lagi dan mendapatkan perhatian positif terhadap teman-teman saya. akhirnya saya memulai untuk untuk mengerjakan tugas tugas saya yg menumpuk. saya lalu meghidupkan computer saya untuk men-typing tugas saya. akhirnya lagi saya kepikiran!! Oh ya harusnya saya bisa mencari saran bagaimana cara mengafal metode cepat saat akan ulangan. Dan akhirnya saya menemukan suatu BLOG yg berisi tentang tips untuk menghapal materi pelajaran. dan akhirnya saya menemui BLOG ini. terima kasih atas sarang & tipsnya! :)

  73. selamat malam om tirta..
    saya punya putra kls 3 sd, ..kira2 untuk anak seusia ini bisa ndak ya mengikuti metode ini..krn anak saya mudah sekali lupa,jg untuk melatih konsentrasinya apakah ada caranya?dan menambah kepercayaan dirinya bahwa “dia bisa”, kadang selesai belajar pun ditanyain lg sdh lupa, mesti dipancing2 dgn kalimat pertama..mohon jawabannya om..trimakasih banyak sebelumnya..

    1. Metoda ini adalah sama dengan metoda mengasah pisau, semakin sering otak digunakan, akan semakin lancar hubungan antara Memory yang tersimpan diotak kecil dengan Pikiran Sadar yang terletak diOtak Besar. Justru sebaiknya otak dilatih secara optimal sebelum usia 3 tahun!, maka sekarang banyak sekali SEKOLAH BAHASA INGGRIS DIUSIA PRA SEKOLAH ( 3-5 TAHUN/PRESCHOOL). Kelas 3 SD sih sudah terlambat sebenarnya, karena justru otak anak akan berkembang maximal pada usia 3 tahun! Cucu saya, Keisha, oleh ibunya dijejali berbagai pelajaran yang memeras otaknya sejak menjelang usia 3 tahun, disekolah bhs Inggris. Sekarang penguasaan bahasa Inggrisnya lebih bagus dari anak SMU normal, apalagi pernah sekolah di Manchester UK selama 1 tahun, ikut ibunya ambil S2 disana.

  74. Terima kasih buat bapak yg hebat. Saya usia 22tahun semasa sekolah selalu juara 1 dan byk mengikuti lomba bid studi lebih suka. Ilmu hitung trmsuk fisika.tp sayangnya saya tdk bisa melanjutkn kuliah krn tdk pny biaya.saat dijanjikan sodara mau dbiayai hny omong kosong yg akhrya sy hny mghbskn sisa umur sia2,y bkerja apa saja demi brthan hidup djakarta,kbtulan saya lg mncri obat herbal untuk ibu yg diabetes ktmu blog bpk buat saya semangat lg to tingkatin. Kmaampuan otak ygmulai lemot gak pnh d asah lg hehe akibat terlalu lama terpuruk. Benar kata bapak selama sy depresi byk jin yg mgangu saya tp sy gak kesurupan sih hny sy dbawa ngantuk biar tidur baru saya dbawa ke alam mereka dg beribu kebahagiaan tp sy cpt sadar to banngun walau sesak nafas setelahnya.bpk punya saran to saya terbebas dari itu dan saya ingin bisa dp kerja layak walau lulusan sma to bantu ortu saya.mohon doa ya pak.

  75. Alhamdulillah… Trnya memang ada solusi buat q yang bodoh ini… Terimakasih pak atas teorinya, sy akn mencobanya belajar dg metode yg bpak berikan…

  76. Om sy mw tanya.
    Klo metode ni digunakn u/ menghapal rmus matemetika sprti
    Sn=n/2(2a+(n-1)b) itu cara buat jembatan keledainya bgmn caranya om?
    Mohon bantuannya ya om.
    Thank’s

  77. mohon balasannya ya om.
    Karena tahun depan rencananya mau ambil kedokteran d UNAIR.
    Mw ikut bimbel tp gk da biaya.
    Thank’s

  78. asalamualaiku wr . wb
    maaf saya mau tanya , boleh ?
    saya gk ngerti bagian yg singkatan maksudnya gmana ?
    tolong jawab yah :)
    trimakasih

  79. Saya pernah menghafal, sampai benar2 hafal.. tapi pas mau di gunakan dalam ujian tiba2 hafalan yang saya sudah persiapkan hilang begitu saja dan berganti dengan keringat dingin,..
    kalau cara untuk mengatasi masalah seperti itu apa ya??

    1. Hal itu terjadi akibat anda terlalu takut gagal, tertekan dan kurang relaks….anda harus latihan meditasi “Nafas Segitiga” yang ada diblog saya

    1. Otak itu bagaikan sebuah mata pisau, harus diasah terus dengan digunakan seefektif mungkin, agar saat dipakai menjadi tajam dan mampu menyelesaikan tugasnya…Kendalanya kebanyakan kita “Malas” gak mau mikir !!!

      1. Ass.. Pak saya mintak solusi masalah ujian skripsi, untuk beberapa hari lagi saya ada ujian skripsi..
        Naa yg saya ingin tanyakan trik mempelajari skripsi kan gak mungkin pake rumus keledai..
        Trus gak gugup di saat kita di uji sama penguji..
        Trima kasi.

  80. kalau saya sih cuma baca doang berkali kali tapi kalau belum paham baca terus sampai hafal tapi jangan pindah ke materi yang lain dulu baca satu satu berulang kali sampai kamu hafal

  81. kata guru kls 6 sd saya pelajaran itu jangan di hafal tapi di pahami kalau di hafal tuh bisa cepat lupa tapi kalau di pahami akan tersimpan lama di otak

  82. nah ada tman sy yng mals bljr pda satt ulangan dia mendapat nilai yg tdk tinggi pada saat dia melihat nilai nyah sndiri dia mrasa kesal dan pada saat diah pulang dari sekolah diah dimarahi oleh orng tua nyah dan orangtuanya menyarankanya heh…… doni kamu harus belajar jngan trus bermain ps belajar ituh menambah ilmu pengetahuan kita kalau kamu trus main ps bagaimana kamu bisa untuk menantang ujian

  83. Tipsnya bagus Pak..
    Pertanyaan saya berapa lama waktu yg efektif untuk memeras otak kiri? karena kalau baca materi yg padat dgn waktu yg lama membuat kepala kita pusing. Akibatnya waktu istirahatnya jg perlu waktu lebih lama sehingga waktu kita jg banyak kebuang.
    Pertanyaan kedua,Menurut saya selama ini waktu yg efektif menghafal adalah sebelum tidur kita menghafal kemudian pagi harinya diulangi lagi. Berdasarkan pengalaman bpk kapan waktu yg ideal untuk melakukan teknik bpk ini?

    trimakasih

  84. saya mau menanyakan bagaimana agarkta tidak malas dalam menghapal pelajaran ,sebagai mahasiswa saya sangat kesulitan dalam mengapal dan malas rasa malas menghantui saya

  85. Sya leo ntar hri senin 9-12-2013 ada ulngan smster gasal ., aq mw nilai q rata 75 keatas..*
    jd aq mw ikuti tipz ini ya

    thank ya q mw coba tipz ini

  86. MAAF pak, saya duduk di kelas 11 mia. besok saya mau ujian 3 mapel, (kimia, agama fiqih, dan biologi). Tiga-tiganya susah banget,pak. Bagaimana cara agar dapat hapal penuh dan menguasai ketiga-tiganya sekaligus. dan pelajaran mana yang harus dipelajari terlebih dahulu. mohon dijawab pak………

  87. Tipsnya bagus. Saya pengen mencobanya. Doakan ya pak semoga berhasil dengan cara ini. Udh lama banget sya mencari jalan keluar dai kebiasaan saya yg sering lupa

Tinggalkan komentar